Rakor Tim Kerja RB dan ZI Kemenag DIY, Kakanwil: Jangan Ragu Membangun Transformasi Nilai

Rakor Tim Kerja RB dan ZI Kemenag DIY, Kakanwil: Jangan Ragu Membangun Transformasi Nilai

Yogyakarta (Inmas DIY)— Segenap jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY diminta tidak ragu dalam membangun sebuah transformasi nilai. Setiap perubahan tentu akan melahirkan sikap pro-kontra, namun ketika menyentuh basic need pegawai maka perubahan tersebut akan diakui manfaatnya.

Kakanwil Muhammad Lutfi Hamid menegaskan hal tersebut saat rapat koordinasi tim kelompok kerja Reformasi Birokrasi (RB) dan tim kerja pembangunan Zona Integritas (ZI), Selasa (05/06) di Ruang Rapat PTSP Kemenag DIY. Hadir selain Kakanwil, Kabag TU Edhi Gunawan, jajaran Kasubbag pada Bagian TU dan sejumlah pelaksana.

Kakanwil memaparkan, pada 2017 Kemenag DIY diminta menjadi salah satu institusi yang mewakili Kemenag untuk diverifikasi dan dinilai oleh tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Tidak tertutup kemungkinan jika pada tahun ini Kemenag DIY akan kembali ditunjuk sebagai salah satu institusi mewakili Kemenag,” tandas Kakanwil.

Penilaian yang baik, imbuhnya, akan memberikan kontribusi bahwa Kemenag telah melakukan RB. “Dan ini akan berpengaruh pada opini dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diterima Kemenag yakni wajar tanpa pengecualian (WTP),” sambung Kakanwil seraya menambahkan opini WTP akan berkorelasi positif dengan basic need pegawai seperti gaji dan tunjangan yang diterima.

Salah satu langkah konkrit yang akan ditempuh, menurut Kakanwil, adalah membangun ZI corner di lobi kantor. “Kita akan lakukan transformasi nilai-nilai ZI dan RB melalui pamflet, stiker, papan pengumunan dan sebagainya,” terang Kakanwil.

Sementara penetapan tim kerja pembangunan ZI dituangkan dalam SK Kakanwil Nomor 87 Tahun 2018 dengan fokus terdiri dari 8 bidang. Sementara kelompok RB dituangkan dalam SK Kakanwil Nomor 88 Tahun 2018 dengan fokus 8 kelompok kerja.