Bersiap Penilaian Refromasi Birokrasi, Kemenag DIY Gelar Koordinasi

Bersiap Penilaian Refromasi Birokrasi, Kemenag DIY Gelar Koordinasi

Yogyakarta (Inmas DIY) – Saat ini Kementerian Agama mendapat peringkat BB (sangat baik) dengan nilai kisaran 70-80. Tahun ini pencapaian reformasi birokrasi (RB) di Kementerian Agama ditargetkan meningkat ke peringkat A atau kategori memuaskan. Dengan target tersebut semua stakeholder Kemenag diharapkan memacu diri untuk mengimplementasikan RB.

Kantor Wilayah Kemeneag DIY akan menjadi salah satu sampel yang akan menjadi sampel penilaian RB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Untuk mempersiapkan hal tersebut, Kanwil Kemenag DIY melalui Sub Bag Ortala dan Kepegawaian menggelar koordinasi yang diikuti perwakilan bidang, pembimas, dan Kankemenag Kabupaten/Kota. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat PTSP Kanwil Kemenag DIY, Jumat (24/8).

Kepala Kanwil Kemenag DIY, Drs. HM. Lutfi Hamid, M.Ag. dalam pengarahannya menjabarkan posisi penting RB dalam pelayanan publik. Ia pun mengungkapkan masih tedapat sejumlah hambatan dalam realisasi RB. “Selama ini saya melihat RB masih belum seperti yang diharapkan. ‘Pesan berantai’ tentang RB terkadang masih belum tersampaikan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

Mantan Kankemenag Sleman tersebut melihat kebijakan dan informasi terkait RB masih belum terdistribusi dengan baik ke seluruh stakeholder. Untuk itu ia pun berharap agar para pejabat terus mendorong terjadinya internalisasi RB kepada seluruh ASN.

Sedangkan Kabag Fasilitasi Birokrasi dan Pelaporan Kemenag RI, Kartika Darmawanti, MM. mengungkapkan dalam penilaian RB oleh Menpan tidak hanya sekedar melihat dokumen yang ada melainkan implementasi di lapangan. Untuk itu, menurut Kartika para pegawai juga mesti paham dengan poin-poin penting dalam RB serta tugas pokok dan fungsi masing-masing pegawai. [eko]